15 Obat Bronkitis di Apotik

Obat Bronkitis di Apotik – Bronkitis merupakan infeksi umum yang menyebabkan peradangan serta iritasi pada saluran udara utama paru-paru atau bronkus.

Akibat terjadinya peradangan tersebut menyebabkan iritasi dari bagian permukaan organ serta menyebabkan terjadinya penyempitan jalan pada saluran napas dan meningkatnya produksi lendir di dalam nya.

Penyakit Bronkitis ini dapat menyerang siapa saja, termasuk bisa menyerang pada balita dan anak-anak. Pengidap bronkitis seringkali mengalami batuk dan kesusahan dalam bernafas.

Selain itu, penyakit Bronkitis juga bisa menyebabkan timbul beberapa gejala serius yang perlu ditindak lanjuti.

15 Obat Bronkitis di Apotik

Penyebab Penyakit Bronkitis

Bronkitis bisa disebabkan oleh sejumlah infeksi serta iritasi yang terdapat pada saluran napas.

Berikut merupakan penyebab Bronkitis secara umum :

1. Infeksi saluran napas oleh virus, seperti: virus influenza A dan B, RSV, parainfluenza, rhinovirus, adenovirus ataupun coronavirus.

2. Infeksi saluran napas oleh bakteri, seperti : Streptococcus pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, Moraxella catarrhalis, dan Haemophilus influenzae.

3. Kebiasaan merokok dan asap rokok, Adalah penyebab yang terpenting yang harus dihindari karena bisa menimbulkan bronkitis kronis.

4. Paparan terhadap polusi udara di lingkungan dan tempat kerja, seperti akibat asap kendaraan, asap pabrik, asap tembakau, asap kebakaran hutan, dan bahan kimia juga bisa menyebabkan bronkitis.


Gejala Penyakit Bronkitis

Gejala utama dari penyakit bronkitis ialah timbulnya batuk kering yang kemungkinan juga disertai dengan adanya lendir kental yang berwarna kuning keabu-abuan, dan mungkin akan bertahan selama beberapa minggu sesudah gejala lainnya menghilang.

Berikut merupakan gejala lain yang mungkin muncul dari penyakit Bronkitis :

Demam dan menggigil

Rasa nyeri dan sesak pada dada

Nyeri di bagian bawah tulang dada pada saat bernafas dalam-dalam


Macam – Macam Penyakit Bronkitis

Penyakit Bronkitis ini dapat dibedakan menjadi 2, yaitu :

1. Bronkitis Akut 

Merupakan salah satu infeksi yang terdapat pada sistem pernapasan yang paling umum terjadi terutama pada anak-anak yang berusia dibawah 5 tahun. Jenis bronkitis ini  bisa bertahan selama 2-3 minggu.

Umum nya, dalam kebanyakan kasus bronkitis akut ini biasa disebabkan oleh infeksi virus, namun terkadang juga dapat disebabkan oleh bakteri.

2. Bronkitis Kronis

Merupakan infeksi bronkus yang lebih sering terjadi pada orang dewasa di atas umur 40 tahun, dan bisa bertahan cukup lama setidaknya 3 bulan dalam 1 tahun dan berulang pada tahun selanjutnya.

Jenis bronkitis kronis ini termasuk gangguan serius jangka panjang yang sering membutuhkan perawatan medis yang teratur.


Makanan Baik dan Buruk Penyakit Bronkitis

Berikut adalah beberapa Anjuran Makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita Bronkitis :

• Apel

Merupakan salah satu jenis buah yang banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita bronkitis.

Sebab, apel ini mempunyai kemampuan untuk membantu mencegah serangan bronkitis kambuh kembali.

• Bawang Putih

Merupakan salah satu bahan masakan yang diketahui mempunyai fungsi sebagai antibiotik alami untuk membantu mengusir virus dan bakteri yang menyebabkan bronkitis.

• Peppermint

Kandungan mentol yang ada di dalam peppermint dapat berfungsi sebagai pengencer lendir yang terdapat pada paru-paru.

Sehingga penumpukan cairan yang terdapat di bagian paru bisa hilang sedikit demi sedikit melalui batuk produktif.

• Jahe

Manfaat jahe sebagai obat tradisional memang terkenal sangat efektif terlepas dari efek samping nya yang juga perlu diwaspadai.

Dengan mengkonsumsi jahe atau memasukannya ke dalam masakan sehari-hari dapat membantu melegakan paru-paru serta memulihkan penyakit bronkitis secara bertahap dan alami.

• Madu

Sifat antibakteri dan antiviral yang terdapat di dalam madu bisa Anda gunakan untuk membantu melegakan tenggorokan dan paru-paru.

Selain itu, madu juga bisa meningkatkan sistem imun yang sempat menjadi drop sebelumnya.

• Ikan

Kandungan kadar omega-3 yang terdapat di dalam ikan mampu menurunkan risiko penyempitan pada saluran pernapasan.

Dengan demikian, maka bronkitis bakal bisa dicegah dan diatasi dengan mengkonsumsi nutrisi satu ini.

• Alfalfa

Nama jenis makanan tersebut mungkin terdengar asing dan tidak begitu banyak orang yang mengetahuinya.

Alfalfa ini merupakan sejenis kecambah yang biasa disebut juga dengan istilah kecambah alfalfa.

Kandungan klorofil yang terdapat di dalam alfalfa tersebut bagus dalam membantu memperancar peredaran darah yang menuju paru-paru.

• Makanan Pedas Berkandungan Vitamin C

Manfaat makanan pedas berkandungan vitamin C ini berasal dari vitamin C yang terdapat pada cabai pedas yang baik untuk kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru sehingga bisa terjaga dengan baik.

Tidak hanya itu, di dalam vitamin C juga terdapat sifat anti inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu membersihkan lendir.

Selain dari jenis makanan pedas, terdapat juga sumber makanan lainnya yang kaya akan vitamin C dan baik untuk dikonsumsi, diantaranya :

Sayuran hijau berwarna gelap.

Stroberi

Kiwi

Jeruk

Brokoli

Paprika

Jambu

Kembang kol

• Makanan Berkandungan Vitamin D

Anda bisa memperoleh kandungan vitamin D dari telur dan susu yang aman bila dikonsumsi oleh penderita bronkitis.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda memasukan susu dan telur ke dalam daftar menu harian mulai dari sekarang agar kebutuhan vitamin  D Anda tetap tercukupi.


Berikut adalah beberapa Pantangan Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita Bronkitis :

• Susu dan jenis olahannya

Susu merupakan salah satu jenis makanan sehat. Akan tetapi, jika Anda pengidap bronkitis maka susu dianggap buruk sebab mengandung lemak jenuh.

Pada saat lemak jenuh tersebut dikonsumsi selama bronkitis, maka akan meningkatkan produksi dahak serta menyebabkan ketidaknyamanan saat bernafas.

Selain itu, Anda juga harus menghindari beberapa jenis olahan susu seperi : keju, es krim, mayones, dsb.

Akan tetapi, jika Anda masih ingin mengkonsumsi susu atau jenis produk olahannya maka konsumsilah susu rendah lemak, seperti : yoghurt. Sebab, bakteri yang ada di dalam yoghurt bisa membantu meningkatkan sisstem kekebalan tubuh.

• Makanan berminyak

Kandungan oksidan dan tinggi lemak jenuh yang terdapat di dalam makanan berminyak seperti gorengan tidak baik dikonsumsi oleh pengidap bronkitis karena akan malah menambah pembentukan lendir dan dahak.

• Produk dengan pemanis

Jenis makanan atau minuman pemanis seperti : minuman manis, minuman berkarbonasi, sirup, permen, cokelat, sereal, kue, dsb harus benar-benar Anda hindari.

Sebab semua jenis makanan dan minuman tersebut tidak menawarkan nilai kandungan gizi dan justru akan menekan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, produk dengan pemanis juga sering menjadi penyebab kenaikan berat badan yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam bernafas.

• Makanan Asin

Garam yang masuk ke dalam tubuh bertindak sebagai pengencer darah. Sebab, saluran udara menjadi meradang juga menyempit.

Pada saat Anda mencoba bernafas lebih keras untuk menghirup oksigen dengan setiap hembusan nafas, maka hal tersebut akan membebani jantung.

Kondisi tersebut membuat jantung Anda menajdi terbebani dengan memompa darah yang kekurangan oksigen.

Selain itu, makanan asin juga bisa menahan air di dalam jaringan bronkial yang bisa memperlambat proses pemulihan dari peradangan.


Bahaya Penyakit Bronkitis

Berikut merupakan beberapa bahaya penyakit Bronkitis yang perlu Anda waspadai :

¤ Menyebar menjadi Pneumonia

Pneumonia atau paru-paru basah merupakan suatu infeksi yang memicu terjadinya inflamasi pada kantong-kantong udara pada salah satu atau kedua paru-paru.

Apabila penyakit bronkitis Anda sudah menyebar hingga menjadi pneumonia, maka artinya kondisi paru paru Anda pun sudah mengalami penurunan secara terus-menerus.

¤ Menyebar menjadi Efusi Pleura

Efusi pleura diketahui adalah suatu kondisi penyakit paru paru yang ditandai oleh penumpukan cairan di antara dua lapisan pleura, sehingga menyebabkan paru paru menjadi mengalami perubahan bentuk.

¤ Mengalami Batuk Berdarah

Darah yang biasa keluar dari batuk pada saat bronkitis dapat terjadi akibat adanya permasalahan pembuluh darah di dalam paru paru atau organ sistem pernafasan lainnya.

¤ Mengalami Sesak Nafas Akut

Sesak nafas yang timbul akibat batuk Anda bisa dapat karena efek penyakit bronkitis. Apabila kondisi tersebut sudah terjadi, maka Anda sudah memiliki paru paru yang tidak terkira lagi tingkat keparahannya.

¤ Mengalami Kematian

Tidak jarang dan tidak sedikit ada pengidap bronkitis yang meninggal akibat lengah pada saat masa pengobatannya.

Oleh sebab itu, pastikan Anda untuk selalu memberikan upaya pengobatan yang terbaik untuk mencegah kematian yang bisa terjadi pada penderita bronkitis.

Itulah beberapa bahaya penyakit Bronkitis yang perlu Anda ketahui. Dan bagi Anda yang saat ini ingin menyembuhkan penyakit Bronkitis dengan cepat, disini kami rekomendasikan beberapa obat Bronkitis yang tersedia di Apotik. 

Daftar Obat Bronkitis Di Apotik

QNC JELLY GAMAT

FLUIMUCIL ADULT 200MG ZAK

FLUMUIMUCIL PEDIATROC 100MG ZAK

SALBRON 2MG TAB

NYTEX SYRUP 75ML

TRANSBRONCHO PAED SYR 100ML 15MG/5 ML

EPEXOL 16MG/ML DROP 20ML

AVELOX

LASMALIN 2,5MG TAB

ATAROC 25 MCG TAB

TEOSAL SYR 100ML

SPIRAMYCIN NOVELL 500MG TAB

LASAL 4MG TAB

BRICASMA RESP 0.25 MG/ML 10S

INTERPEC 30MG TAB


QNC JELLY GAMAT

Qnc Jelly Gamat adalah obat herbal yang bisa sembuhkan penyakit bronkitis hingga sembuh total secara alami. Produk herbal ini sangat aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Obat herbal ini menjadi produk yang aman dikonsumsi karena dibuat tanpa campruan bahan kimia berbahaya sedikitpun. Obat herbal Qnc Jelly Gamat ini terbuat dari bahan utama yaitu Teripang Emas.

Teripang Emas sendiri dipilih sebagai bahan utama karena di dalam nya terdapat banyak kandungan dan senyawa alami yang semuanya bermanfaat untuk mengatasi penyakit bronkitis yang diderita.

Salah satu kandungan di dalam nya yaitu Gamapeptide yang bermanfaat untuk membunuh virus dan bakteri penyebab dari penyakit bronkitis, menghilangkan rasa sakit, mengatasi peradangan, serta mengatasi semua gejala penyakit bronkitis.

Dengan adanya kandungan gamapeptide tersebut, maka penyakit bronkitis yang Anda diderita bisa sembuh dengan cepat, dan tentunya aman tanpa efek samping.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 155.000,-/ Botol

Selengkapnya » » Klik Disini

FLUIMUCIL ADULT 200MG ZAK

Fluimucil adalah obat batuk berdahak berbentuk granule dalam kemasan sachet yang digunakan untuk mengatasi infeksi saluran nafas, dengan sekresi mukus yang berlebih termasuk bronkitis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu dewasa 3 x sehari 1 sachet.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: bronkospasme, gangguan lambung, stomatitis, rinore, sakit kepala, tinitus, urtikaria, menggigil, demam, hemoptitis, dan reaksi anafilaksi yang jarang terjadi.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 8.105,- / Pcs

Selengkapnya » » Klik Disini

FLUMUIMUCIL PEDIATROC 100MG ZAK

Fluimucil paed adalah obat batuk berdahak berbentuk granule dalam kemasan sachet yang digunakan untuk mengatasi infeksi saluran nafas, dengan sekresi mukus yang berlebih termasuk bronkitis pada anak-anak.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Anak 3 x sehari 1 sachet sesuai dengan usia.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: bronkospasme, gangguan lambung, stomatitis, rinore, sakit kepala, tinitus, urtikaria, menggigil, demam, hemoptitis, dan reaksi anafilaksi yang jarang terjadi.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 5.258,- /  Pcs

Selengkapnya » » Klik Disini

SALBRON 2MG TAB

Salbron adalah obat saluran pernafasan yang diindikasikan sebagai bronkodilator pada asma bronkial, bronkitis asmatis, dan emfisema polmonum.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa: 3-4 x sehari 2-4 mg ; Anak > 6 thn : 3-4 x sehari 2 mg ; Anak 2-6 thn : 3-4 x sehari 1-2 mg.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: tremor halus otos skeletal terutama tangan, palpitasi, dan terkadang menimbulkan kram otot.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 334,- / Tablet

NYTEX SYRUP 75ML

Nytek adalah sirup obat batuk untuk bronkitis akut dan kronis, emfisema paru, mukovisidosis, dan bronkiektasis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa dan anak > 14 thn : 2-3 x sehari 2 sdt, anak 6-14 thn : 2 x sehari 2 sdt, mukovisidosis : Anak > 6 thn 3 x sehari 2 sdt.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: pirosis, mual, muntah, diare, stomatis, pusing, tinitus, gatal, urtikaria, erupsi kulit, bronkospasme, takikardi, dan penurunan TD.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 38.496,- / Botol

TRANSBRONCHO PAED SYR 100ML 15MG/5 ML

Transbroncho mengandung Ambroxol HCL di dalam nya yang membantu dalam mengurangi sekresi mukus (lendir) yang berlebihan dan kental, terutama pada penyakit bronkitis akut maupun kronis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Anak 5-12 thn : 3 x sehari 1 sdt, Anak 2-5 thn : 3 x sehari 1/2 sdt, Anak < 2 thn : 2 x sehari 1/2 sdt.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: gangguan saluran pencernaan ringan, dan reaksi alergi.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 29.864,- / Botol

EPEXOL 16MG/ML DROP 20ML

Epexol mengandung zat aktif Ambroxol di dalam nya yang dapat digunakan untuk penyakit saluran nafas akut dan kronis dengan sekresi bronkial yang abnormal, terutama serangan akut bronkitis kronis, asma bronkial, bronkitis asmatik, terapi pra dan pasca operasi, serta perawatan intensif untuk menghinbdari komplikasi paru.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Anak sampai usia 2 thn : 0.5 ml (10 tetes) 2 x sehari.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: efek GI ringan, reaksi intoleransi, ruam kulit, edema wajah, dispenia, dan demam.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 51.375,- /  Botol

AVELOX

Avelox adalah produk yang digunakan untuk terapi infeksi seperti: eksaserbasi bakteri akut dan bronkitis kronis, pneumonia yang didapat dari masyarakat, sinusitis bakterial akut, infeksi kulit, serta struktur kulit yang terkomplikasi dan infeksi intraabdominal yang terkomplikasi.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter atau sesuai dengan kebutuhan.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: mual, muntah, nyeri GI dan abdomen, diare, peningkatan sementara enzim transminase, sakit kepala, dan pusing.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 77.117,- / Tablet

LASMALIN 2,5MG TAB

Lasmalin adalah tablet yang membantu mengatasi keluhan sesak pada penderita penyakit asma dan bronktis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa : 2-3 x sehari 1-2 tablet, Anak : 2-3 x sehari 1 tablet.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: termor, dan palpitasi.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 1.680,-/ Tablet

ATAROC 25 MCG TAB

Ataroc adalah tablet untuk membantu mengatasi sesak nafas akibat dari penyakit asma, bronkitis, dan emfisema paru.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa : 2 x sehari 50mg, Anak > 6 thn 2 x sehari 25mcg, Anak <6 thn : 2 x sehari 1,125 mcg atau 0,2-0,25 mg/kkBB.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: hipertiroidisme, penyakit jantung, hipertensi, DM, hamil, dsb.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 3.010,-/ Tablet

TEOSAL SYR 100ML

Teosal diindikasikan untuk bronkitis asmatik, bronkitis akut dan kronis, serta emfisema pulmoner.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Anak 6-12 thn : 1-2 sdt, Anak 2-6 thn : 1/201 sdt, dan diberikan 2-4 kali sehari.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: tremor halus pada otot skeletal, palpitasi, takikarida, sakit kepala, mual, dan muntah.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 18.198,-/ Botol

SPIRAMYCIN NOVELL 500MG TAB

Spiramycin diindikasina untuk infeksi saluran nafas, seperti: faringitis, tonsilitis, bronkitis, sinusitis, bronkitis, otitis media, dan toksoplamosis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa 500 mg 3 x sehari selama 5 hari, Anak : sehari 50-100mg?kg BB terbagi dalam 2-3 dosis.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: mual, muntah, diare, nyeri epihastrik, ruam kulit, dan urtikaria.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 2.891,-/ Tablet

LASAL 4MG TAB

Lasal adalah obat yang diindikasikan untuk meredakan asma bronkial, bronkitis kronik, emfisema, dan kondisi bronkospatik lain.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa : 2-4 mg, Anak 6-12 thn : 0.1-0.2 mg/kg BB dan diberikan 3-4 kali sehari.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: tremor, dan palpitasi.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 2.100,- / Tablet

BRICASMA RESP 0.25 MG/ML 10S

Bricasma respules adalah sediaan siap pakai yang mudah diaplikasikan dengan menggunakan nebulizer.

Obat ini mengandung 2,5 mg terbutaline yang digunakan untuk mengatasi asma bronkial, bronkitis kronik, emfisema dan penyakit paru lainnya dimana bronkospasme sebagai komplikasinya.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Anak >25kg : 5mg dihirup hingga 2-4 kali dalam periode 24 jam.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: tremor, kram tonik, palpitasi, sakit kepala, mual, dan denyut jantung lebih cepat (takikardi).

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 13.682,- / Pcs

INTERPEC 30MG TAB

Interpec adalah obat yang di dalam nya mengandung bahan aktif ambroksol-GCI 30mg yang digunakan untuk mengobati bronktis asmatis, asma bronkial, dan bronkitis kronis.

Dosis:

Untuk pemakaian obat ini di sesuaikan dengan dosis dokter yaitu Dewasa dan Anak > 10 thn : 1 tablet 3 x sehari, Anak 5-10 thn : 15 mg 2-3 x sehari, Anak usia 2-5 thn : 7,5 mg 3 x sehari.

Efek Samping:

Obat ini bisa menimbulkan efek samping seperti: reaksi alergi, dan gangguan pencernaan.

Harga obat Bronkitis di apotik yang satu ini di bandrol dengan harga Rp 1.905,- / Tablet

Jangan sampai Anda salah dalam memilih obat, dan usahakan untuk selalu membaca petunjuk pemakaian dengan teliti sebelum menggunakan, agar tidak melakukan kesalahan pemakaian yang tidak akan memberikan hasil maksimal.

Terimakasih sudah berkunjung ke halaman website kami, semoga penyakit yang Anda derita bisa lekas sembuh. Salam Sehat Sahabat Qnc Jelly Gamat 😉

Posted by : sahabatqncjellygamat.com

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Ya.. Jangan Copas Mulu !!